Rajanya Sewa Mobil Di Purwokerto, Cilacap, Kebumen dan Purbalingga

Daftar Objek Wisata Banyumas

Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden terletak disebelah selatan  kaki Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 meter diatas permukaan laut. Baturraden  berjarak hanya 14 Km dari pusat kota Purwokerto yang dihubungkan dengan jalan yang memadai.Disini,wisatawan  dapat menikmati pemandangan  alam yang indah dan kesegaran udara pegunungan  dengan suhu 18ºC-25ºC.Sedangkan Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 meter merupakan gunung berapi terbesar  dan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa.Jika cuaca sedang bagus,kota Purwokerto ,pantai Cilacap dan  Nusakambangan dapat terlihat dari Baturraden.

Wana Wisata Baturraden

Hutan sebagai sumber daya alam, tempat berlindungnya satwa satwa,stabilizer ecology dan lain lain  kegunaan merupakan  obyek yang berkesinambungan. Wana Wisata Baturraden merupakan hutan lindung  dan tempat rekreasi  yang murah  disamping sebagai sarana pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan  juga  dapat menimbulkan rasa cinta kepada alam. Wana Wisata Baturraden ini terletak  2 km arah timur lokawisata Baturraden. Keindahan alamnya membuat wisatawan betah karena kesejukan udara pegunungan yang terbebas dari polusi udara apalagi sering terdengar sayup sayup kicauan  burung dan adakalanya terlihat ayam hutan yang beterbangan dari satu pohon ke pohon lain. Bagi remaja yang gemar wisata minat khusus dapat pula melakukan hiking,tracking dan camping ground yang mampu menampung 1000 tenda, terbukti dengan pernah dijadikan ajang Jambore  Daerah dan Jambore Nasional. Wana Wisata ini disamping sebagai cagar alam juga sebagai  hutan produksi  dan pusat persemaian tanaman damar, mahoni, dan pinus.

Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

Sesuai dengan namanya disebut Pancuran  Tujuh  atau dalam bahasa jawa disebut Pancuran Pitu karena mempunyai tujuh buah pancuran  yang alami mengalir langsung dari Gunung Slamet.  Sumber air panas ini mengandung belerang  dan bersuhu antara 70 – 90 derajat celcius serta mengandung beberapa unsur mineral. Karena kandungan belerangnya, maka sangat efektif untuk  therapy pengobatan sakit tulang/rheumatic dan berbagai macam penyakit kulit seperti:kadas, panu, kutu air dan sebagainya. Para pengunjung  dapat menikmati sumber air panas ini dengan mandi langsung dialam terbuka atau dikamar-kamar mandi yang telah tersedia  dengan fasilitas  shower air panas yang  dari sumber Pancuran  Tujuh. Lokasi obyek wisata ini terletak ditengah hutan damar dan pinus yang berjarak sekitar 2,5 km  arah barat lokawisata Baturraden yang dapt ditempuh dengan berjalan kaki atau dapat ditempuh dengan kendaraan umum dan pribadi dengan melewati  wana wisata dengan jarak tempuh sekitar 5 km dari pintu gerbang wana wisata Baturraden.

Sumber Air Panas Pancuran 3

Mirip dengan Pancuran Tujuh  hanya bedanya memiliki tiga buah pancuran saja. Adapun mengenai bentuk dan karakteristiknya sama dengan Pancuran Tujuh. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat beberapa kamar mandi yang airnya dialiri dari Pancuran Tiga. Disini, wisatawan akan dibuat nyaman dan dimanjakan karena dapat memanfaatkan jasa pijat tradisional dengan mandi lumpur belerang yang tidak ubahnya di Pancuran Tujuh. Bagi wisatawan yang menginginkan lumpur belerang untuk dibawa pulang,tersedia pula lumpur belerang dalam kemasan botol beraneka ukuran yang bisa digunakan untuk mandi lulur agar kulit menjadi sehat dan bersih dari jerawat. Obyek wisata ini mudah dijangkau pengunjung karena berada didalam Lokawisata Baturraden.

Telaga Sunyi

Apabila mendengar kata Telaga  Sunyi, kita tentunya akan teringat  judul lagu dari Koes Bersaudara. Obyek wisata ini berada  pada ketinggian  sekitar 700 meter dpl dan terletak ditengah-tengah lebatnya hutan  damar dan pinus yang berjarak sekitar 3  kilometer arah timur  dari pintu gerbang Wana Wisata. Indahnya alam sekitar  yang  dilengkapi  shelter – shelter yang membuat   wisatawan   lebih rileks  terasa dinina   bobokan mendengarkan sayup-sayup kicauan burung dan capung yang beterbangan disekitar telaga.

Curug Cipendok

Sesuai dengan namanya Banyumas, Banyu yang berarti air dan Mas yang merupakan lambang kemakmuran. Maka tak heran apabila air di Banyumas  akan melimpah. Curug Cipendok merupakan  satu diantara curug atau air terjun yang ada di Banyumas yang mempunyai ketinggian sekitar 92 meter yang didukung keindahan alam sekitar berupa hutan produksi dan hutan lindung  serta menara pandang yang dapat melihat pemandangan kota Purwokerto  apabila cuaca sedang cerah. Curug Cipendok ini terletak 25  kilometer arah barat kota Purwokerto atau tepatnya berada di kecamatan Cilongok. Wisatawan yang ingin berekreasi dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari sub terminal microbus – Losari. Wisatawanpun bisa membeli oleh-oleh makanan khas tahu karangsari  sambil melihat proses produksinya, Cimplung kelapa muda dan singkong yang direbus dengan air nira  serta home industri gula kelapa atau lebih dikenal dengan sebutan gula jawa.

Curug Ceheng

Obyek wisata Curug Ceheng ini berada diujung timur kota Purwokerto tepatnya berada di Kecamatan Sumbang yang berjarak sekitar 9  kilometer. Wisata alam Curug Ceheng ini sangat diminati para remaja yang gemar berkemah karena disamping pemandangan yang indah juga udaranya yang sejuk sehingga sangat nyaman untuk berekreasi bersama keluarga.

Pemandian Air Panas Kali Bacin

Pemandian  Kalibacin ini merupakan obyek wisata husada  karena pengunjung yang datang selain berekreasi juga dapat berobat. Disebut Kalibacin karena airnya berbau kurang sedap namun karena kandungan belerangnya tinggi sehingga mampu mengobati berbagai macam penyakit kulit , syaraf dan tulang/rheumatic. Sangat dianjurkan bagi anak-anak untuk mandi dikolam renang karena disamping berendam dalam air belerang juga sambil berolah raga sehingga sangat bagus untuk masa pertumbuhan dan pembentukan tulang yang kuat. Obyek Wisata ini terletak  sekitar 17 kilometer arah selatan kota Purwokerto, tepatnya berada di desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo. Berdekatan dengan wisata Kalibacin terdapat obyek wisata Bendung Gerak Serayu. Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh dapat membeli ikan lembutan goreng yang dijajakan sepanjang sungai Serayu.

Museum Wayang Sendang Mas

Merupakan obyek wisata sejarah yang mengkoleksi berbagai macam wayang seperti: wayang gagrag Banyumasan,Surakarta, Yogyakarta,pesisiran, wayang purwa, wayang beber,wayang kancil dan bermacam-macam  koleksi benda purbakala. Museum ini terletak di komplek pusat pemerintahan Banyumas tempo dulu yang berlokasi di Kecamatan Banyumas yang berjarak 15 kim arah timur dari kota Purwokerto.

Museum Bank Rakyat Indonesia

Merupakan satu-satunya museum perbankan yang ada di Indonesia yang terletak di pusat kota Purwokerto. Bank Rakyat Indonesia ini untuk pertama kalinya didirikan di Purwokerto oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-En Spaarbank Der Inlandsche Bestuurs Amatenaren atau Bank Bantuan Priyayi Pribumi, pada tanggal 16 Desember 1895 yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Setelah mengalami beberapa penggantian nama yang antara lain Bank Koperasi ,Tani dan Nelayan (BKTN) tahun 1960. Akhirnya pada tahun 1967 menjadi Bank Rakyat Indonesia. Museum Bank Rakyat Indonesia ini setiap harinya  dibuka untuk umum kecuali hari Jumat dan Sabtu ditutup untuk pemeliharaan dan kebersihan. Para pengunjung  terutama rombongan dianjurkan untuk memberitahu terlebih dahulu mengenai waktu kunjungan dan pengunjung tanpa dipungut biaya retribusi.

Museum Panglima Besar Jendral Soedirman

Museum ini terletak dipinggiran kota Purwokerto sebelah barat yang berjarak kira-kira 3 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas. Museum ini  terdiri dari dua lantai . Pada bagian bawah berisi diorama, foto-foto perjuangan, duplikat peninggalan Jenderal Soedirman dan lain-lain. Sedangkan pada lantai atas terdiri dari relief sejarah bangsa Indonesia dalam perang kemerdekaan 1945, relief perjuangan Jenderal Soedirman  dalam merebut Yogyakarta kembali sebagai Ibukota Indonesia pada saat itu, dan patung panglima besar Jenderal Soedirman duduk diatas punggung kuda.

Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal ini merupakan peninggalan jaman walisanga  yang terletak di desa Cikakak – Kecamatan Wangon yang berjarak sekitar 30 km arah barat daya kota Purwokerto.Masjid ini dibangun pada tahun 1871Masehi/ 1288Hijriyah dan hanya memiliki satu pillar penyangga. Disekitar masjid ini terdapat makam seorang penyebar agama islam yang bernama Kyai Toelih. Di lokasi ini banyak dihuni kera-kera jinak yang bisa diajak bercengkerama dengan sekedar memberi kacang,pisang atau makanan lain.

Goa Maria

Goa Maria – Kaliori  terletak diperbukitan yanhg hijau dengan suasana sejuk dan nyaman di desa Kaliori Kecamatan Kalibagor yang berjarak sekitar 14 km arah timur kota Purwokerto.Prakarsa pembangunan tempat ziarah ini bermula dari beberapa aktifis  umat katholik di banyumas yang kemudian mendapat tanggapan dan dukungan sepenunya dari Pastor Paroki di Purwokerto beserta komunitasnya. Pembangunan Goa Maria-Kaliori ini dimulai pada tanggal 15 Agustus 1989 dengan ditandai peletakan  batu pertama oleh Uskup Purwokerto Mgr.Paraguay S.Hardjosoemarto MSC. Suatu peristiwa bersejarah bagi Goa Maria-Kaliori dimulai pada tanggal 10 Oktober 1989, dimana dalam misa agung di Yogyakarta, Bapa Suci Yohanes Paulus II berkenan memberkati patung  Bunda Maria dan menendatangani Prasasti Goa Maria-Kaliori selanjutnya pada tanggal 8 Desember 1989 diberkati dan diresmikan penggunaannya. Semenjak itu pembangunan berbagai fasilitas terus berlanjut seperti: Kapel Ratu Surga, jalan salib, taman rosario hidup,pendopo bagi peziarah,dan yang terakhir dibangun adalah Rumah Retret”Maria Imakulata” dengan kapasitas 150 orang sekarang sudah tersedia bagi peziarah sehingga Goa Maria kaliori menjadi tempat ziarah yang terlengkap di Indonesia.

Terbaru

Sewa/Rental Mobil Termurah dan Terlengkap Buka 24 Jam di Purwokerto

Sewa Mobil Purwokerto Termurah di Purwokerto – Rental Mobil Terlengkap…

Tempat Wisata di Purwokerto Menarik, Populer, Hits, Unik & Aktivitas Liburan.

Tempat Wisata di Purwokerto Menarik, Populer, Hits, Unik & Aktivitas…

Tips Sewa Mobil

Seringkali saat akan menyewa mobil kita merasa bingung…

Jasa Sewa atau Rental Mobil Pengantin Area Purwokerto dan Sekitarnya

Momen pernikahan adalah momen yang sangat berharga untuk setiap orang.…