Rajanya Sewa Mobil Di Purwokerto, Cilacap, Kebumen dan Purbalingga

Dieng Culture Festival Tahun 2018 Segera Datang

Yakin Mau Lewatin Lagi Event Romantis Ini ?

Event Dieng Culture festival (DCF) selalu digelar setiap tahun di Banjarnegara, Jawa Tengah. Tahun ini DCF edisi ke 9 akan digelar bulan Agustus nanti. Banyak yang bilang DCF ini adalah festival paling romantis di Indonesia. Ada banyak alasan untuk membuktikannya, mulai dari festival musik, budaya, dan wisata jadi dalam satu rangkaian acara. Suasana dingin di Dieng memang bikin pengunjungnya butuh kehangata. Dan event Dieng Culture Festival selalu mampu menghatkan mereka.

Ada Banyak sekali acara seru di Dieng Culture Festival, mulai dari Jazz atas Awan sampai pelepasan lampion yang membuat suasana yang dingin menjadi romantis abis.
Acara Dieng Culture Festival 2018 pada tahun ini merupakan edisi ke 9 yang akan digelar pada tanggal 3-5 Agustus 2018 di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara. Bulan Agustus selalu dipilih karena pada bulan ini suhu di Dieng sangat dingin bahkan sampai minus suhunya. Dengan cuaca dingin ini, membuat acara DCF spesial. Bagaimana tidak spesial, saat cuaca dingin di ketinggian 2000 m, ada acara Jazz Ats Awan. Alunan musik jazz berpadu dengan kabut dan dingin yang membuat suasana semakin syahdu.

Pada malam kedua, acara DCF akan ada pelepasan lampion bersama-sama sembari mendengarkan Jazz Atas Awan
Semua pengunjung yang sudah membeli tiket akan mendapatkan lampion. Pada moment ini akan didatangkan tamu yang selalu dirahasikan kemunculannya, dimana tiba-tiba muncul di panggung DCF. Kalau tahun kemarin ada Anji dan Katon Bagaskara. Sontak, bintang tamu pun memeriahkan seuasana dan memandu pengunjung untuk melepas lampion ke angkasa. Tidak usah khawatir dengan sampah lampionnya, karena keesokan harinya seluruh warga Dieng kerja bakti massal untuk membersihkan sampah lampion yang jatuh. Dieng pun kembali bersih seperti semula.

Ritual cukur rambut gimbal adalah acara puncak yang jadi kekhasan yang cuma bisa ditemukan pada acara Dieng Culture Festival

Parade seni budaya pun akan memeriahkan acara ini. Akan ada karnaval dimana anak yang berambut gimbal akan diarak, kemudian akan dipotong rambutnya di Candi Arjuna. Rambut gimbal ini sangat istimewa karena untuk mencukurnya harus dengan ritual dan dilakukan setahun sekali dalam acara Dieng Culture Festival. Sebelum dicukur anak-anak meminta syarat yang harus dipenuhi oleh orang tuanya. Ada yang minta sepeda, kambing, bahkan ada hanya minta es lilin buatan tetangganya. Sangat unik dan khas. Pokoknya acara ini sangat khas yang tidak mungkin kamu temukan di tempat lain.

Untuk dapat mengikuti acara Dieng Culture Festival. Ada banyak cara ikutan Dieng Culture Festival tahun ini. Cara pertama adalah ikutan travel yang menyediakan paket trip ke Dieng Culture Festival 2018. Ini adalah cara yang paling mudah dan paling populer. Kamu yang berasal dari luar kota misal Jakarta atau Bandung tinggal cari aja lokasi meeting point yang terdekat misal Jogja atau Purwokerto. Jika ikutan trip kamu nggak perlu ribet pesen tiket yang sangat terbatas, pesen homestay yang biasanya udah penuh beberapa bulan sebelumnya, sampai transport yang harus kamu siapkan pula. Bagi kamu yang nggak suka ribet dan pengen kenalan dengan teman baru di DCF, open trip sebaiknya kamu pilih. Harganya sekitar 1,3 jutaan untuk 3 hari 2 malam.

Namun, jika kamu menginginkan mengurus sendiri atau bareng teman kamu. Kamu harus mengurus dari sekarang, karena repot juga kalau kamu kehabisan tiket dan homestay. Harganya jelas lebih murah, tapi sebenarnya selisih dengan harga open trip tidak seberapa dan effort yang cukup besar,  kami sarankan ikut open trip saja karena selisih harganya sangat tipis dan kamu tidak perlu repot dan khawatir kehabisan tiket dan homestay.

Semoga tahun ini kamu tidak kelewatan lagi di acara Dieng Culture Festifal 2018. Karena kamu bakalan nyesel.

Terbaru

Tips Sewa Mobil

Seringkali saat akan menyewa mobil kita merasa bingung…

Jasa Sewa atau Rental Mobil Pengantin Area Purwokerto dan Sekitarnya

Momen pernikahan adalah momen yang sangat berharga untuk setiap orang.…

Pentingnya Test Drive Sebelum Membeli Mobil

Sebelum Membeli Mobil, Pentingkah Survei dan Test Drive ?

Sebelum…

10 Kota Wisata Terbaik di Indonesia

10 Kota Wisata Terbaik Versi Yokatta Wonderful Indonesia Award. Apakah…