Rajanya Sewa Mobil Di Purwokerto, Cilacap, Kebumen dan Purbalingga

Pentingnya Test Drive Sebelum Membeli Mobil

Sebelum Membeli Mobil, Pentingkah Survei dan Test Drive ?

Sebelum membeli mobil baru tentu sangat melakukan survei dan test drive karena cerita, ulasan orang, atau promosi bisa sangat berbeda dengan pembuktian. Geometri tempat duduk masing-masih obil filosofinya berbeda-beda, jadi perasaan tentu saja akan berbeda. Maka dari itu, sangat disarankan agar orang yang membeli dan yang nantinya akan menggunakan mobil tersebut sehari-hari harus melakukan survei dan test drive terdahulu.

Saat ini di Indonesia, tuntutan orang adalah mobil harus terlihat bagus, performa yang canggih, berbahan bakar irit, dan punya nilai jual yang baik. Jadi hal diestimasinya adalah menyesuaiakan selera hati yang kadang berbeda dengan selera pasar. Misalnya kita membeli mobil warna merah, tapi selera pasarnya bukan ini dan tidak bagus untuk nilai jualnya nanti. Hal inilah yang membuat orang-orang Indonesia terpengaruh dan kebanyakan malah mengikuti selera pasar saja.

Orang-orang membeli mobil tujuannya untuk dijual lagi, seharusnya saat akan membeli mobil yang dipikirkannya ialah kenyamanan, keamanan, dan rasa puas terhadap mobil yang akan dibeli. Karena pada akhirnya, jika nanti ternyata nilai jualnya rendah namun kita sudah puas dengan penggunaanya, tentu saja kita akan selalu merasa setimpal. Ambil contoh saja seperti ini, saat kita membeli makanan dengan harga yang mahal, namun kalau makanannya terasa sangat enak, kita tidak merasa rugi, bukan ? Hal ini berlaku juga untuk mobil.

Test drive sesuatu yang harus Anda manfaatkan dengan baik karena test drive merupakan dinamika awal dari pengalaman berkendara Anda dengan mobil tersebut. Dinamika berkendara berhubungan dengan posisi duduk, visibilitas, fasilitas, kenyamanan, tingat ergonomis tempat duduk, kantong-kantong penyimpanan, atau berbagai hal lainnya.

Setiap dekade, kendaraan mengalami perubahan model. Jadi jika ada peruahan pesat, harus ditemia karena itulah perubahan zaman. Sementara untuk performa, setiap orang berbeda. Akan tetapi biasanya orang lebih memikirkan kebutuhan mobil tersebut untuk apa.

Jangan menginginkan mobil yang dapat memberikan kepuasan dari segala aspek. Menginginkan mobil yang CC nya besar performa luar biasa bensin irit, siapa saja pasti mau. Tapi apakah ada yang seperti itu ? Sepertinya tidak ada, setiap produk pasti ada yang menjadi kekurangan dan kelebihannya.

Pada akhirnya, mobil yang cocok adalah dengan Anda adalah mobil yang sesuai dengan fungsi, kegunaan, dan tujuan Anda membeli mobil tersebut, bukan tujuan orang lain.

Agar test drive benar-benar memberikan manfaat dan gambaran tentang mobil yang hendak dibeli, coba baca tipsnya berikut ini

  1. Saat dipersilakan test drive di dealer, jangan langsung injak gas dan menjalankan mobil, banyak hal-hal yang perlu diperhatikan saat pertama kali masuk mobil. Perhatikan detail eksterior dan interior mobil mulai warna dan kualitas cat pada body, lengkung body, kualitas perakitan.

Ajak anak atau istri untuk duduk dikursi belakang dan tengah, pastikan nyama. Cek dashbord mobil, panel AC, coba katifkan dan utak atik lampu utama, foglam, wiper, sistem audio dan lain sebagainya. Tanyakan kepada sales delaer mengenai fitur-fitur mobilnya. Cek bagasi dan ban serep, apakah cukup dengan kebutuhan sehari-hari, cek posisi dan ban serep apakah sudah sesuai dengan kebutuhan.

  1. Test Drive saat di jalan, tes tenaganya untuk akselerasi apakah cukup membantu kencang atau tidak, tes di jalan bebas hambatan akan sangat membantu untuk mengetahui kualitas mesin apakah bisa menyalip kendaraan lain dengan baik ataukah tenyata kurang.

Hidupkan AC untuk mengetahui seberapa dingin/kualitas AC tersebut dan juga untuk mengetes apakah menghidupkan AC berpengaruh signifikan pada performa atau tarikan mesin.

Coba kendarai di berbagai jenis jalan seperti jalan tanah, jalan berbatu, aspal rusak, jalan berliku, jalan macet, jalan tanjakan atau turunan.

Jika mobil bertransmisi manual cek apakah perpindahan antar gigi berjalan mulus atau ada hentakan. Jika mobil bertransmisi matic apakah upshift atau downshif berjalan lancar tanpa ada kendala. Jika mobil dilengkapi penggerak 4x4 coba aktifkan dan matikan dan cek seberapa mudah penggunaanya.

Tes sistem kemudi, keluaran mobil-mobil sekarang meskipun besar akan tetapi jika power steeringnya bagus masih tetap nyaman dikemudikan dan ringan memutar lingkar kemudi. Cobalah mobil untuk menikung.

Tes rem dengan cara pulse dan threshold. Coba buka jendela kaca mobil dan dengarkan suara yang keluar dari roda, suara mesin, suara pada interior saat dipakai menikung atau kecepatan tinggi. Apakah ada suara aneh. Misal suara berisik mesin atau rem atau roda atau suspensi.

parkir ini perlu dicoba juga karena kita kerap sekali parkir misalnya di tempat kerja atau tempat-tempat lain....gunakan fitur parkir seperti kamera parkir, sensor parkir, kemudahan menentukan blindspots atau sudut-sudut mobil. Untuk mobil-mobil kelas menengah ke atas biasanya sudah ada fitur parkir otomatis (komputer), cobalah memakai fitur tersebut
Nah dengan mengetahui apa-apa saja yang diperiksa saat test drive diharapkan calon pembeli mobil bisa memilih mobilnya dengan seksama tanpa kesalahan

 

  

Terbaru

Kuliner Enak Sekitar Statisun Besar Purwokerto

Kuliner Enak Sekitar Statisun Besar Purwokerto

1. RM Ampera Banyumasan

Sewa/Rental Mobil Termurah dan Terlengkap Buka 24 Jam di Purwokerto

Sewa Mobil Purwokerto Termurah di Purwokerto – Rental Mobil Terlengkap…

Tempat Wisata di Purwokerto Menarik, Populer, Hits, Unik & Aktivitas Liburan.

Tempat Wisata di Purwokerto Menarik, Populer, Hits, Unik & Aktivitas…

Tips Sewa Mobil

Seringkali saat akan menyewa mobil kita merasa bingung…