Rajanya Sewa Mobil Di Purwokerto, Cilacap, Kebumen dan Purbalingga

Jangan lupa cek oli mesin, dan pelajari waktu pergantiannya.

Tiap berapa bulan Anda harus ganti oli mobil atau motor? Jawabannya adalah beragam.

Meskipun sama-sama mengendarai merk dan jenis mobil yang sama, belum tentu kedua mobil tersebut bisa memiliki waktu penggantian oli yang sama juga. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya situasi lalu lintas yang dihadapi mobil tersebut, dan jarak yang di tempuh mobil tersebut.

Kondisi mesin mobil yang sehari-harinya menempuh jalur tol dengan kecepatan konstan bisa mengganti olinya lebih lama dibandingkan dengan mobil yang menghadapi situasi lalu lintas macet. Mengapa demikian ?

Karena, mobil yang digunakan setiap hari dan selalu terkena macet, maka kualitas oli menjadi kurang bagus. Sebab dalam situasi macet, mesin dan oli tetap bekerja sehingga oli harus diganti lebih awal untuk menjaga kualitas pelumas serta sektor jantung pacu.

Penggantian oli kendaraan untuk motor dan mobil berbeda, di mana dalam petunjuk atau buku manual umumnya kendaraan motor dianjurkan ganti oli setiap 2.500 – 3.000 km atau 2 bulan sekali.

Sedangkan mobil setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Namun aturan ini tidak dapat diberlakukan untuk semua mobil dan motor, karena setiap pengendara menggunakan dan merawat kendaraannya secara berbeda.

Untuk mobil yang menggunakan oli dengan kandungan campuran mineral lebih, sebaiknya mengganti oli mobil setiap 5.000 km. Tetapi jika Anda menggunakan oli dengan kandungan full sintetik, tidak masalah jika menggantinya setiap 10.000 km. Sebab oli mesin yang terlambat diganti dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil dan menurunkan performa mesin kendaraan, bahkan bisa menimbulkan turun mesin. Wah,bahaya juga yah.

Kualitas oli kendaraan yang anda gunakan juga mempengaruhi jangka waktu penggunaan oli. Oli dengan kandungan aditif yang tepat untuk masing-masing kendaraan akan lebih menjaga performa setiap komponen mesin. Oleh karena itu, mobil yang digunakan dalam kondisi berkendara statis dengan kecepatan konstan, tidak masalah jika mengganti oli setiap 10.000 km.

Sedangkan untuk mobil yang sehari-harinya menghadapi situasi lalu lintas macet, sebaiknya setiap 5.000 km sudah ganti oli atau setidaknya mengecek kondisi oli serta memperhatikan performa mesin. Sebab kondisi jalanan yang macet membuat mesin terus bekerja hingga kerap kali mengalami panas yang berlebihan (over heat). Selain itu, jika dirasa tarikan mesin sudah agak berat, atau getaran mesin terasa lebih kasar, tidak ada salahnya anda memeriksa kondisi oli mesin.

Waktu penggantian oli tidak boleh dianggap sepele!

Jika waktunya sudah tiba dan penggantiannya ditunda-tunda, kualitas oli semakin lama akan terus menurun. Mesin mobil pun akan terpengaruh, sehingga menjadi rusak.

Viskositas/kekentalan juga perlu di perhatikan

Kekentalan oli yang Anda gunakan untuk mobil kesayangan ternyata bisa jadi penentu waktu penggantiannya. Hal ini bisa dilihat dari angka pada kode Society of Automotive Engineering (SAE) yang tertera pada kemasannya.

Angka dari kode SAE ini mengacu pada tingkat kekentalan oli tersebut. Bila oli memiliki kode 20W-50, itu berarti oli tidak terlalu kental, maka dari itu, Anda harus mengganti oli pada kilometer 3 – 5 ribu tergantung kondisinya. Sementara itu jika kode SAE-nya menunjukkan 10W-40, maka penggantian dapat dilakukan pada rentang 7.500 hingga 10 ribu kilometer.

Ganti Juga Filter Oli

Kualitas dari oli mobil ternyata dapat mengalami penurunan akibat kelupaan mengganti filter oli. Kotoran yang mengendap pada saringan tersebut lama-lama akan menumpuk jika tidak diganti. Akibat dari hal itu, oli tidak bisa bersirkulasi dengan baik.

Anda umumnya akan disarankan untuk mengganti filter setelah dua kali melakukan ganti oli. Ada juga yang berpendapat, bila mobil digunakan hampir setiap hari dan jarak yang ditempuh lebih dari 20 kilometer.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk mengecek kendaraan anda secara berkala.

Terbaru

Jangan lupa cek oli mesin, dan pelajari waktu pergantiannya.

Tiap berapa bulan Anda harus ganti oli mobil…

Bahaya Dan Pasal Menggunakan Hp Saat Berkendara

 

Ponsel atau telephone genggam merupakan alat komunikasi yang praktis…

Destinasi Wisata Negara Asia Dengan Budget Terjangkau

 

Anda ingin merasakan liburan ke luar negeri, tetapi tidak…

Sejarah Perkembangan Transportasi

 

Zaman sudah semakin modern, sarana transportasi sudah semakin maju.