Rajanya Sewa Mobil Di Purwokerto, Cilacap, Kebumen dan Purbalingga

3 Tips mencegah tindak kriminal pada kendaraan sewaan

Tindakan kriminal terjadi adanya niat dan kesempatan.

Tedapat 3 langkah pencegahan yang dapat dilakukan, berikut pembahasannya:

Pencurian bisa dialami oleh siapa saja. Jadi anda sebagai pengguna jasa rental mobil harus juga berhati-hati dalam mengendarai mobil anda. Amat disayangkan apabila perjalanan anda terganggu karena mobil sewaan anda ditarget oleh para pencuri.  Tujuan utama para pencuri adalah barang-barang berharga yang ada dalam mobil. Barang-barang berharga ini meliputi dompet, kamera, dan gadget para pengguna mobil. Yang dapat anda lakukan untuk mengamankan barang-barang anda adalah :

1. Barang Berharga

  1. Tidak membawa barang berharga berlebih. Terdengar klise, namun semakin banyak barang yang anda bawa, maka barang tersebut akan terlihat dari luar mobil dan memancing para pencuri untuk mentarget anda dan mobil yang anda pakai.
  2. Masukkan barang bawaan anda pada tempat yang aman. Seperti bagasi mobil. Pencuri / copet tidak akan menghabiskan waktu lebih dari 1 menit dalam menjarah barang anda. Dalam waktu 1 menit tersebut, kecil kemungkinan mereka memeriksa bagasi mobil rental anda.
  3. Jauhkan barang anda dari pandangan orang. Maksudnya, jangan sampai barang bawaan anda terlihat dari luar mobil, karena cukup dengan 1 gadget saja, para pencuri akan merasa untung apabila membobol mobil sewaan anda.
  4. Jangan menutupi barang dengan selimut / tas besar. Para pencuri cenderung mengincar mobil yang terdapat tas besar didalamnya. Hal yang sama juga terjadi apabila anda menutupi barang-barang anda dengan selimut di kursi penumpang / kursi belakang mobil.
  5. Jangan memberikan petunjuk kepada pencuri. Apabila anda sedang memarkir mobil yang anda pakai, pastikan anda membawa serta accessories dari perlengkapan anda (HP, tablet, kamera, laptop, dll) seperti kabel charger, kabel konektor, tripod, dll. Accessories yang tertinggal mengindikasikan bahwa ada kemungkinan anda tidak membawa barang anda ketika anda meninggalkan mobil, sehingga memancing pencuri untuk membobol mobil.

2. Tempat Parkir

       Situasi dan kondisi yang tepat adalah kesempatan yang ditunggu para pencuri. Semakin buruk kondisi tempat parkir yang anda pilih, maka semakin besar pula kemungkinan barang-barang anda hilang ditangan pencuri, atau bahkan mobil yang anda sewa pun dapat ikut raib. Berikut adalah tips dalam memilih tempat parkir yang ideal untuk menghindari tindak pencurian :

  1. Pilihlah tempat dengan pencahayaan yang cukup. Apabila anda bepergian di siang hari, hal ini tidak menjadi hal yang sulit; namun lain hal apabila anda bepergian di malam hari. Sebelum anda memberhentikan mobil yang anda pakai, lihatlah dahulu kondisi disekitar, usahakan anda memilih tempat dengan penerangan yang paling tinggi disekitar tempat anda berhenti. Bahkan apabila tempat tersebut berada sedikit jauh dari tujuan anda saat berhenti.
  2. Pilihlah tempat yang ramai. Semakin ramai tempat anda memarkirkan mobil, maka semakin kecil kemungkinan pencuri untuk memilih mobil yang anda gunakan sebagai target operasi mereka. Apabila anda berada di pusat perbelanjaan / mall, usahakan untuk memarkir mobil dalam jangkauan CCTV; alasannya adalah, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, setidaknya terdapat bukti untuk menjerat pelaku curanmor.
  3. Apabila ban mobil bocor, jangan berhenti ditempat yang sepi. Salah satu modus operandi para pencuri adalah dengan menebar paku di daerah yang sepi, dan kemudian apabila ada mobil yang terkena perangkap mereka dan berhenti, maka mereka akan segera menghampiri dan merampok barang bawaan dalam mobil tersebut.

3. Kebiasaan

      Seringkali para pencuri memanfaatkan kebiasaan-kebiasaan umum para pengemudi dalam menjalankan aksinya. Walaupun sepele, kebiasaan ini dapat memberikan celah yang cukup bagi pencuri. Kebiasaan tersebut adalah :

  1. Tidak mengunci mobil. Seringkali para pengemudi meninggalkan mobilnya dalam posisi tidak terkunci ketika mengambil barang / melakukan sesuatu yang jaraknya dekat dengan mobil. Celah ini setidak-tidaknya memberikan 20 – 60 detik waktu bagi para pencuri untuk mengambil barang berharga anda didalam mobil. Jadi, biasakan untuk mengunci mobil, sesingkat apapun keperluan anda ketika meninggalkan mobil.
  2. Meninggalkan receh / dokumen di laci / kompartemen mobil. Semakin kosong kondisi mobil yang anda tinggalkan, maka semakin minim pula niat pencuri untuk membobol mobil anda.
  3. Menyetel radio / music player dengan keras. Semakin keras suara musik yang keluar dari mobil ketika anda melewati keramaian / daerah rawan, maka anda akan semakin menarik perhatian para pencuri untuk memeriksa isi dari mobil yang anda gunakan. Selain itu, suara musik yang keras dapat mengaburkan suara klakson dari pengendara lainnya. Usahakan suara musik yang anda putar tidak sampai keluar dari mobil, atau sekitar 50dB dan tidak lebih tinggi dari 60dB.
  4. Tidak menutup jendela mobil dengan rapat. Jendela yang tidak tertutup rapat ketika anda memarkirkan mobil dapat melancarkan aksi para pencuri, karena membuat alarm mobil yang menggunakan tekanan udara sebagai indikatornya tidak berguna. Selain itu, jendela yang terbuka lebar ketika anda melakukan perjalanan, terutama ketika kondisi jalan macet, dapat memancing para pencopet untuk merampas barang bawaan anda yang dapat mereka raih sembari melewati mobil anda.
  5. Bepergian sendirian. Semakin banyak laki-laki dewasa yang ada di dalam mobil, maka semakin kecil peluang anda untuk menjadi target pencurian kendaraan bermotor. Setidak-tidaknya anda dapat mengurungkan niat para pencuri yang beraksi sendirian dan hanya berbekal alat pickpocket sederhana.
  6. Meninggalkan mobil dalam posisi serba tertutup. Hal positif ini sering dimaknai lain oleh para pencuri, apabila mobil yang anda sewa termasuk dalam jajaran mobil mahal, maka para pencuri tidak akan segan untuk mencoba peruntungannya walaupun seluruh laci dalam kondisi tertutup. Apabila anda telah membawa seluruh barang berhaga bersama anda ketika meninggalkan mobil, tinggalkan laci didalam mobil dalam posisi terbuka (dan kosong). Dengan menjalankan hal ini, para pencuri yang sedang mencari target akan melewatkan mobil yang anda parkir, karena laci mobil jelas-jelas kosong, sehingga mereka tidak perlu menghabiskan tenaga untuk membobol mobil / memecahkan kaca mobil sewaan anda untuk melihat isi laci.

Sumber : Hipcar.com

Terbaru

Pentingnya Test Drive Sebelum Membeli Mobil

Sebelum Membeli Mobil, Pentingkah Survei dan Test Drive ?

Sebelum…

10 Kota Wisata Terbaik di Indonesia

10 Kota Wisata Terbaik Versi Yokatta Wonderful Indonesia Award. Apakah…

10 Tips Mengemudi Nayaman Saat Puasa

Tips Mengemudi Nyaman Saat Puasa

Saat berpuasa kondisi…

Tips Pergi WIsata Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Semua umat muslim…